SIAPA MENABUR ANGIN AKAN MENUAI BADAI

G30SPKI
Itulah PKI, dua kali dalam sejarah pembangunan nasional, justru menjadi musuh dalam selimut, menusuk punggung dari belakang, menjadi kuda Troya. Ideologi asing apa yang meracuni otak-otak mereka, hingga tega membantai para pejuang nasional, yang juga jelas-jelas berjiwa kerakyatan.
Namun, Marxisme-Leninisme itulah yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Sesungguhnya menurut nalar, mereka melakukan perebutan kekuasaan kedua kalinya melalui yang disebut “Gerakan 30 September”, dengan memfitnah seolah-olah ada “Dewan Jendral” dalam pimpinan teratas TNI-AD. Karena satu-satunya penghalang, hanyalah para pejuang nasional yang berwujud TNI-AD.
Kudeta itu dilakukan PKI dengan dukungan dari luar dan dari dalam negeri, disamping dukungan diam-diam dari Kepala Negara yang kebetulan seorang Marxis konsekuen sejak muda. Apakah ini tidak aneh? Ajarannya ia sebut Marhaenisme, yaitu Marxisme yang diterapkan di Indonesia. Doktrin Marhaenisme itu bukan hanya menghimpun kaum proletar kota, tetapi juga kaum petani dan kaum muskin lainnya, seperti Leninisme dan Mao-isme. Ia merupakan penyusun dan pengerahan kekuatan untuk revolusi (machts vorming dan machts aanwending).
Gagasan Bung Karno tahun 1926 dulu, adalah bahwa Nasionalisme Timur harus dikawinkan dengan Marxisme, kemudian Marxis disublimasikan (karena masyarakat Indonesia sebagian besar kuat beragama). Seperti kata Iqbal “Islam adalah Bolsyewism + Tuhan (Bolsyewism plus God)”. Ini juga bisa hanya digunakan sebagai taktik saja.
Dalam istilah Jawa ini disebut tumbu oleh tutup (periuk nasi mendapatkan tutupnya). Pelaksananya adalah pasuka pengawal Presiden, kesatuan Cakrabirawa. Alasan yang dipakai oleh Untung dan kawan-kawannya ketika menangkap/membunuh para Jenderal adalah “Bapak dipanggil Presiden, sekarang,” dengan cara kasar dan kejam.

Referensi:
Petikan buku:
Soerojo, Soegiarso. 1989. SIAPA MENABUR ANGIN AKAN MENUAI BADAI, Jakarta: Antar Kota Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Juni 2013
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

%d blogger menyukai ini: