STOP KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DAN PEREMPUAN!

Meningkatnya kasus kekerasan anak, khususnya kekerasan seksual pada anak setiap tahun, membuat Komite Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) memprediksi kejahatan kemanusiaan pada anak akan semakin meningkat.

Tidak hanya itu, Komnas PA menyatakan tahun 2013 merupakan Tahun Darurat Kekerasan Seksual Pada Anak. Hal itu akan terjadi bila pemerintah hanya  berdiam diri terhadap kasus kekerasan seksual pada anak yang selalu  terjadi setiap tahunnya. Kalau kasus  ini tidak ditangani secara serius oleh pemerintah, maka tahun ini  jumlahnya akan semakin meningkat.

Dalam tiga tahun terakhir ini kasus kekerasan seksual terhadap anak dan wanita meningkat tajam. Umumnya, tindakan kekerasan seksual pada anak maupun wanita dilakukan oleh orang-orang terdekat. Ironis sekali memang, disaat wanita dan anak yang seharusnya mendapat perlindungan sesuai undang-undang yang berlaku di negara ini justru terenggut haknya oleh orang terdekat mereka sendiri.

Di tahun 2012 kemarin kita sempat mendengar banyak kejadian wanita diperkosa didalam sebuah angkot yang menimbulkan keresahan bagi wanita pekerja yang sering pulang larut malam. Kini, belum genap sebulan kita menjalani hari di tahun 2013 ini, ada berita menghebohkan mengenai meninggalnya seorang bocah perempuan berusia 11 tahun yang diduga karena kekerasan seksual.

Saya sebagai perempuan sangat miris sekaligus khawatir atas kejadian seperti ini. Saya merasa terancam keamanannya, apalagi saya seorang mahasiswi yang menggunakan transportasi umum kereta dan angkot setiap harinya. Lalu bagaimana jalan keluar untuk mengatasi hal ini?

Dari segi hukum, Arist Merdeka Sirait selaku Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak mengajak semua pihak untuk mendesak agar hukuman pelaku ditingkatkan menjadi minimal 20 tahun, maksimalnya seumur hidup, dari saat ini yang hanya 15 tahun penjara.

Selain dari segi hukuman bagi si pelaku, kita pribadi pun harus mempunyai tindakan perlindungan untuk diri kita sendiri. Misalnya, tidak segan-segan untuk menegur orang yang ber-indikasi melakukan pelecehan terhadap kita atau orang lain yang anda lihat, kita juga bisa membekali diri dengan “senjata”. Senjata disini maksudnya bukan senjata tajam melainkan bubuk merica atau alat bertegangan listrik misalnya yang sekarang ini sudah beredar banyak dipasaran. Apabila anda termasuk wanita pekerja yang sering pulang larut malam menggunakan kendaraan umum seperti angkot, usahakan untuk pulang bersama teman anda dan tidak menaiki angkot yang sepi.

Apabila hal-hal tersebut diatas masih membuat anda khawatir, maka satu-satunya cara yang menurut saya ampuh mengatasi ke-khawatiran  adalah dengan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Dia-lah sesungguhnya yang bisa melindungi kita dari segala macam keburukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Januari 2013
S S R K J S M
« Nov   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

%d blogger menyukai ini: