MENJAGA KESELAMATAN DIRI SAAT BERKENDARA

Belakangan ini kita sering dikejutkan dengan berita kecelakaan kendaraan pribadi yang menimbulkan banyak korban luka maupun tewas. Sebenarnya peristiwa kecelakaan sendiri sudah seringkali terjadi, namun yang paling membuat heboh adalah kecelakaan yang terjadi di Tugu Tani, Jakarta Pusat dengan pelakunya seorang wanita bernama Afriani Susanti, 29 tahun yang kemudian diketahui meng-konsumsi narkoba sebelum mengendarai mobilnya. Peristiwa ini begitu menghebohkan karena akibat kejadian tersebut 9 orang tewas baik dewasa maupun balita.

Dan diawal tahun 2013 ini peristiwa kecelakaan yang menghebohkan merebak kembali dengan 2 peristiwa sekaligus yakni kecelakaan mobil listrik yang dialami menteri BUMN, Dahlan Iskan dan kecelakaan mobil yang dikendarai oleh anak dari Hatta Radjasa, M. Rasyid Amrullah, 22 tahun. Beruntungnya dalam kecelakaan yang dialami Dahlan Iskan tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Walaupun begitu mobil Tucuxi yang baru saja beliau pamerkan menjadi sangat ringsek karena menabrak tebing.

Sedangkan insiden yang dialami M. Rasyid Amrullah mengakibatkan 2 orang meninggal dan 3 orang cidera hingga saat ini belum selesai proses hukumnya. Disini kita tidak akan membahas mengenai kasus mereka. Tetapi bagaimana kita sebagai pengemudi kendaraan pribadi sebisa mungkin menghindari peristiwa seperti itu. Berikut ini beberapa hal yang haram dilakukan saat mengemudi:

1. Menyetir sambil makan
Hal ini kerap kali dilakukan oleh pengendara yang tidak ada waktu untuk sarapan dan sedang terburu-buru menju kantor. Saran dari saya adalah tahan sejenak keinginan untuk makan atau hentikan mobil dan cari tempat untuk makan. Bisa di warteg, rumah makan, atau di tempat lainnya yang nyaman untuk mengisi perut yang kosong, sejelek-jeleknya tepikanlah mobil sejenak lalu makanlah dengan satai di kursi mobil Anda. Kalau keduanya tidak bisa, usahakan bangun pagi dan berikan waktu pada anda sendiri untuk sarapan.ok?

 2. Menyetir sambil make-up (girls only)
Biasanya ini dilakukan oleh wanita karir yang baru merintis kerja di suatu perusahaan/kantor atau bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengejar part-time atau pergi ke kampus. Walaupun memang cuma memakai lipstik atau bedakan, pasti mata konsen ke kaca dan tidak konsen terhadap jalanan yang mungkin di depannya ada orang yang sedang menyebrang atau ada kendaraan yang mengerem mendadak. Jadi, jangan melakukan hal ini lagi ya. Saran dari kami ya make-up nya bisa di tempat kerja / kampus dengan dalih mau ke toilet sebentar.

 3. Menyetir sambil baca buku, koran, majalah, dll
Hal ini bisa membuat mata dan pikiran kita konsentrasi ke buku/koran/majalah tersebut. Jadi bisa terjadi kecelakaan juga karena hal ini. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk mendapatkan informasi dengan baik tanpa harus membahayakan keselamatan anda dan orang lain. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan saat Anda terjebak kemacetan yang sangat parah.

 4. Menyetir selagi terasa kantuk
Seperti banyak imbauan mengenai hal ini, ketika kita sedang merasa kantuk lebih baik kita beristirahat sejenak atau bisa dicoba dengan meregangkan otot-otot yang kaku, dengan cara ini diharapkan saraf-saraf yang membuat rasa kantuk datang akan mereda dan menjadikan kita fresh kembali.

 5. Menyetir sambil menelpon
Saya pernah membaca suatu artikel bahwa ketika kita sedang menelpon/ditelpon orang pada saat menyetir (baik langsung ditempelkan di telinga atau hands-free) otak kita akan lambat dalam merespon keadaan lingkungan. Hal ini akan berakibat bahaya bagi orang lain. Jadi, usahakan HP anda dalam keadaan non-aktif/silent pada saat berkendara. Walaupun ada hal urgent yang sedang terjadi, usahakan jangan menerimanya terlebih dahulu atau anda bisa berhenti sejenak dengan menepikan kendaraan anda lalu anda bisa menerima panggilan tersebut.

 6. Menyetir sambil sms-an
Hal ini akan membuat mata kita tidak konsentrasi ke jalanan. Pasti anda tau akan bahaya hal ini. Jadi jangan coba-coba.

 7. Menyetir pake kacamata untuk gaya
Hal ini akan menghalangi jarak pandang kita. Kalau silau, coba pakai kacamata yang agak gelap atau dengan memakai penghalang matahari yang biasanya ada di bagian atas.

 8. Menyetir sambil merokok
Merokok akan membuat kita buka kaca, dan membuat kita tidak konsentrasi karena harus buang abu rokok secara terus menerus dan yang pasti membuat bumi makin panas akibat karbon dioksida yang dikeluarkan asapnya.

 9. Menyetir tanpa Seatbelt
Terkadang memang membingungkan melihat orang-orang yang menyetir mobil dan tidak memakai seatbelt. Padahal kita semua sudah tahu akan manfaat dan fungsi dari seatbelt. Sudah banyak pengendara mobil diselamatkan karena seatbelt dan tidak sedikit pula yang meninggal karena tidak menggunakan seatbelt. Kami tahu bahwa anda adalah orang yang berpendidikan dan tahu mana yang bermanfaat untuk anda.

 10. Menyetir dalam keadaan mabuk ringan, mabuk berat, dll.
Hal ini sangat fatal dan sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang dalam keadaan mabuk ringan atau berat berkendara mobil. Ini akan membahayakan nyawa anda sekaligus membahayakan pengendara lain

 

Setelah anda menghindari hal-hal diatas, hal berikut ini harus anda perhatikan untuk menunjang keselamatan anda dalam berkendara.

  1. Pertama, perhatikan kondisi duduk. Pengemudi jangan duduk dalam kondisi santau, tapi duduklah dengan posisi 90 derajat. Jika tangan kiri memegang stik, tangan kanan mampu memutar setir 180 derajat. Duduk dengan posisi tubuh 90 derajat agar posisi tangan pada setir, tangan kiri pada posisi jam 09.00 dan tangan kanan pada posisi jam 03.00. Kalau mengerem pada kondisi kaki bengkok, rem bertenaga. Sedangkan kalau kaki lurus, saat menginjak rem, tidak bertenaga.
  2. Seat-belt, sabuk pengaman. Pasanglah sabuk pengaman yang posisinya mengenai tulang bahu agar tahan dorongan. Mengapa anak kecil tak boleh duduk di kursi dewasa, karena jika ia mengenakan sabuk pengaman, pasti mengenai lehernya dan ini berbahaya.
  3. Tekanan ban. Jika tekanan ban terlalu tinggi, mobil akan mengambang, sedangkan jika tekanan ban rendah, mobil akan mendem. Tekanan ban sangat penting karena mempengaruhi konsumsi BBM sampai kondisi menyetir. Ceklah tekanan ban satu bulan satu kali, sesuaikan dengan tekanan ban ideal sesuai buku panduan kendaraan. Jika ban mobil dibiarkan gundul dan tak ada alur, itu sama dengan bunuh diri. Setiap ban ada umurnya.
  4. Keempat, mengemudi dengan aman. Sebaik apa pun kita menyetir dan mematuhi aturan lalu lintas, kita tak pernah tahu apakah orang lain akan mengikuti aturan. Di jalan raya, yang ada bukan hanya kita tetapi banyak orang. Karena itu, jika akan memotong jalan di perempatan, kita harus waspada dan hat-hati. Apalagi di perempatan tanpa lampu merah, kita harus ekstra hati-hati. Kalau lagi apes, bisa muncul motor tak berlampu yang tidak memberikan tanda apa pun.

Musibah memang adalah kehendak Tuhan yang tidak dapat kita hindari, tetapi apa salahnya apabila kita melakukan tindak pencegahan sebisa mungkin.

Sekian tips dan trik apa yang harus dihindari dan apa yang harus diperhatikan saat berkendara maupun sebelum berkendara demi keselamatan diri anda dan orang-orang di sekeliling anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Januari 2013
S S R K J S M
« Nov   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

%d blogger menyukai ini: