BAGAIMANA MEN-SOSIALISASIKAN KOPERASI KE MASYARAKAT

Melanjutkan dari tulisan sebelumnya, mengenai keputusan pemerintah untuk membuat koperasi modern, dalam tulisan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mensosialisasikannya.

 

Untuk memperkuat karakter bisnis koperasi, program pendidikan dan sosialisasi harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berorganisasi dan praktek bisnis koperasi. Pendidikan dan sosialisasi dibutuhkan untuk merubah mindset, meningkatkan kualitas dan kompetensi, manajerial dan bagaimana membangun jaringan serta memperkenalkan citra koperasi dan program konversi atau pembentukan koperasi beserta konsekuensi (biaya) yang ditimbulkannya.

 

Koperasi modern bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kontribusi koperasi, membantu koperasi meningkatkan kinerja bisnis, daya saing serta kemampuan melayani masyarakat, dan mengembangkan ekosistem bisnis koperasi melalui pola kemitraan. Keberadaan koperasi modern ini memiliki perbedaan dengan koperasi konvensional yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Perbedaan tersebut meliputi:

  • Kompeten.

Sudah menggunakan IT untuk mendukung bisnisnya sehingga dapat memonitor, mengevaluasi, dan melakukan pendataan secara akurat dan up to date.

 

  • Komersial.

Pelaku bisnis koperasi dapat melakukan e-business dan terhubung dengan e-commerce sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

 

  • Kompetitif.

Pelaku bisnis koperasi dapat melaksanakan bisnisnya secara cepat, akurat, dan reliable.

 

Karena koperasi modern ini adalah hal yang baru dimasyarakat, kita tidak ingin nasib koperasi modern ini sama terpuruknya dengan koperasi konvensional sebelumnya. Maka diperlukan sosialisasi yang ampuh kepada masyarakat agar mereka tertarik dengan koperasi dan mau mengenal lebih jauh . Berbagai cara dapat ditempuh dalam melakukan sosialisasi, diantaranya adalah dengan menggunakan media elektronik dan non-elektronik. Media non elektronik misalnya:

 

  1. Mengadakan penyuluhan.

Dalam penyuluhan ini, peserta dapat dijelaskan lagi apa itu koperasi secara keseluruhan, sehingga masyarakat yang kurang paham akan makna koperasi diharapkan akan lebih mengerti. Dan peserta pun akan dijelaskan apa itu koperasi modern, serta apa perbedaannya dengan koperasi konvensional lainnya. Dan yang tidak kalah penting, peserta akan dijelaskan mengenai aplikasi e-koperasi dan fin channel. E-software aplikasi pengelolaan koperasi simpan pinjam. Sedangkan FinChannel adalah layanan loket pembayaran elektronik sebagai media transaksi pembayaran elektronik dengan menggunakan media internet nyang akan memberikan tambahan pendapatan bisnis untuk koperasi tanpa membutuhkan modal besar, cepat dan menguntungkan.

 

  1. Pelatihan

Hal ini penting dilakukan sebagai tahap sosialisasi kepada masyarakat. Setelah sebelumnya dalam penyuluhan, masyarakat dijelaskan secara teori mengenai koperasi modern, dalam tahap ini masyarakat akan mempraktekan langsung teori-teori tersebut. Mungkin tidak semua masyarakat bisa mengikuti pelatihan ini karena pastilah anggaran yang ada tidak akan mencukupi. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengutus para tokoh masyarakat seperti misalnya masing-masing ketua RW untuk mengikuti pelatihan dan selanjutnya disebar-luaskan lagi kepada masyarakatnya/warganya. Para tokoh masyarakat berperan penting dalam meneruskan informasi tentang koperasi baru ini karena yang paling pertama didatang oleh masyarakat disaat mereka membutuhkan informasi adalah orang-orang yang dirasa dekat dan dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, dengan mengutus pada wakil masyarakat ini selaku penggerak masyarakat di lini terbawah diharapkan dapat menyampaikan lagi betapa pentingnya sebuah koperasi ditengah-tengah masyarakat dan sosialisasi perkembangan koperasi yakni koperasi modern ini.

 

 

Sosiolisasi dengan metode ini biasanya ampuh untuk kalangan dewasa dan masyarakat ekonomi kelas menengah-kebawah. Karena sebagian besar dari mereka biasanya tidak peka terhadap teknologi. Tetapi berhubung masyarakat Indonesia tidak semuanya merupakan kalangan dewasa dan menengah-kebawah, maka untuk mem-fasilitasi mereka-mereka yang tidak disebutkan diatas, metode yang tepat adalah dengan menggunakan media elektronik.

 

Menurut saya kalangan yang juga tidak kalah penting untuk mendapatkan sosialisasi mengenai koperasi modern adalah kalangan muda, karena mereka-lah calon penerus bangsa yang juga menentukan kelangsungan koperasi dimasa yang akan datang. Apabila kita menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan sebagai cara sosialisasi terhadap kalangan muda, saya pikir itu keputusan yang tidak akan terlalu efektif karena kalangan muda tidak suka cara yang bertele-tele dan membosankan seperti itu. Kalau kita ingin men-sosialisasikan koperasi modern ini di kalangan anak muda atau yang masih remaja, menurut saya lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi yang ada karena sebagian besar anak remaja zaman sekarang pastilah sudah fasih dalam menggunakan teknologi. Teknologi yang saya maksud disini bisa saja menggunakan media jejaring sosial, seperti facebook dan youtube. Selain melalui media massa, sosialisasi bisa dilakukan dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada guru-guru sekaligus murid-muridnya. Atau bahkan ilmu koperasi bisa dijadikan salah satu mata pelajaran tambahan di sekolah-sekolah agar pelajar lebih memahami secara mendalam tentang koperasi Indonesia dan nantinya kelak akan bisa mem-praktekannya di dunia nyata. Atau bisa juga disiarkan di televisi-televisi nasional dalam bentuk iklan atau program televisi. Dikemas dalam cerita yang ringan dan menarik minat kalangan muda pada khususnya dan masyarakat berbagai lapisan pasa umumnya.

 

Dengan adanya sosialisasi disemua lapisan masyarakat ini diharapkan koperasi modern ini akan lebih baik perkembangannya dibandingkan koperasi terdahulu dan masyarakat tidak memandang sebelah mata lagi tentang keberadaan koperasi karena koperasi sebenarnya termasuk unit ekonomi yang sangat sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang berasaskan kekeluargaan dan koperasi juga sangatlah bisa membantu perekonomian masyarakat apabila dikelola dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

%d blogger menyukai ini: